Iklan asli
Tren periklanan paling menonjol
Menurut penelitian terbaru, iklan native menarik hingga 60% lebih banyak perhatian daripada spanduk klasik. Pengunjung memilih iklan native, karena mereka ingin melihat dan berinteraksi dengan native, informasi terkait situs seperti rekomendasi konten atau produk yang relevan. Pengiklan mengutamakan iklan native sebagai bagian paling efektif dari rencana media digital mereka. Pangsa pasar global iklan bawaan tumbuh 140% setiap tahun, menjadikannya tren periklanan modern terbesar.
Native adalah format iklan terkemuka untuk situs web terbesar di dunia
Saat ini iklan asli dianggap sebagai alat paling efektif untuk penjualan dan monetisasi konten. Platform internet terbesar di dunia memonetisasi konten mereka dengan iklan native dan dalam feed. Format iklan ini memberikan RKT hingga 3 kali lebih tinggi dan rasio konversi 2 kali lebih tinggi, meningkatkan pendapatan total pengiklan dan penerbit hingga 6 kali lipat!
Apa Itu Adnow Native Ads?
AdNow adalah program periklanan berbasis widget dengan tipe Native Ads. AdNow ini berusaha untuk menggabungkan iklan dengan isi konten dari website agar meningkatkan engagement pengunjung.
Dengan kata lain, apabila blog Anda membahas mengenai handphone, maka iklan yang ditampilkan juga tak jauh dari handphone dan tak membahas mengenai obat hewan.
Iklan bertipe Native Ads seperti AdNow ini lebih efisien dan efektif dibandingkan iklan bertipe banner. Sebab, iklan dari AdNow bisa menyesuaikan tampilan website tersebut. Dari jenis font iklan, warna font iklan, hingga bentuk iklannya.
Jadi, iklan di website Anda lebih bervariasi dan tak membosankan dibandingkan dengan iklan banner yang tampilannya begitu-begitu saja.
AdNow juga bisa secara otomatis menyesuaikan ukurannya tergantung perangkat yang digunakan pengguna untuk mengakses situs tersebut. Sehingga walaupun iklan terlihat besar di desktop, tampilan iklan itu di handphone Anda akan tetap kecil karena menyesuaikan ukuran layar.
Sejak diluncurkan pada 2014 silam, AdNow telah berhasil mengumpulkan lebih dari 160.000 publisher yang tersebar di 114 negara, lho. Tak hanya itu, tercatat 4,2 milyar impression juga terjadi setiap harinya di layanan periklanan AdNow. Luar biasa bukan melihat umurnya yang baru enam tahun?
Kelebihan AdNow Native Ads
Setelah mengetahui apa itu AdNow Native Ads, di bawah ini kami jabarkan beberapa hal yang membuat AdNow Native Ads pantas untuk Anda lirik. Apa saja itu?
- Bisa dijalankan dengan program periklanan lain — yup, Anda bisa menggabungkan AdNow dengan AdSense, atau dengan program lainnya. Dengan begini, pemasukan blog Anda tak hanya datang dari satu sumber saja.
- Pencairan dana rendah — dana dari AdNow sudah bisa Anda cairkan apabila penghasilan mencapai $20. Ini tentu lebih menguntungkan daripada AdSense dengan minimal pencairan $100.
- Proses pengajuan cepat dan mudah — dibandingkan dengan program periklanan lain, proses pengajuan AdNow itu relatif cepat dan mudah. Kami membahas hal ini lebih lanjut di bawah.
- Tak perlu trafik tinggi — blog dengan trafik rendah pun juga bisa mendaftar ke AdNow.
- Bebas virus dan malware — semua iklan di AdWord sudah diseleksi sehingga tidak ada virus dan malware di dalamnya.
- Adanya pengelola akun — Anda akan diberikan pengelola akun pribadi yang juga mendukung bahasa Indonesia.
- Menerima website selain bahasa Inggris — tak banyak program periklanan lain yang seperti ini. Biasanya, kebanyakan hanya menerima website bahasa Inggris yang berada di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, atau Australia.
- Melacak performa real-time — dengan AdNow, Anda bisa melacak pendapatan dan performa yang akurat secara real-time.
- Kustomisasi widget iklan — Anda bisa mengatur ukuran, warna, jumlah iklan di halaman tertentu, dan masih banyak lainnya.
- Program referral — Anda bisa mendapatkan komisi 5% per hari dari penghasilan publisher yang menggunakan referral Anda.
Cara Daftar AdNow
Dibandingkan dengan program periklanan lain, proses pengajuan menjadi publisher di AdNow ini tak memerlukan banyak syarat. Anda hanya perlu memastikan bahwa blog Anda tak melanggar hak cipta atau terdapat aktivitas illegal. Aktivitas illegal ini bisa berbentuk spam, adware, malware, spyware, ataupun konten dewasa.
Selain itu, ada dua larangan yang tak boleh dilakukan saat pengajuan sudah diterima. Pertama, Anda tak boleh menggunakan bot untuk mendapatkan klik. Dan kedua, memanfaatkan website PTC (Paid to Click) untuk mendapatkan trafik palsu.
Setelah Anda memahami syarat-syarat di atas, berikut kami jelaskan cara mendaftar di AdNow:
- Pertama, kunjungi terlebih dahulu website AdNow di sini.
- Anda akan melihat dua opsi pendaftaran, yakni sebagai Publisher dan Pengiklan. Karena Anda adalah pemilik blog, pilih saja Publisher.
- Isi form pendaftaran AdNow dengan lengkap. Tenang, Anda tak diminta detail yang terlalu pribadi. Form AdNow hanya meminta nama, email, bahasa, password dan ID Skype (yang bisa Anda kosongkan).
- Setelah form terisi, Anda bisa centang I accept and agree with Terms of Use and I confirm that I have read Privacy Policy. Jangan lupa juga mencentang I’m not a robot untuk mengisi reCaptcha. Kemudian, klik tombol Masuk.
- Setelah mengirimkan form pendaftaran tersebut, Anda akan mendapatkan email balasan dari AdNow perihal verifikasi akun. Jadi, segera buka email Anda dan klik pada link verifikasi yang sudah dikirim oleh AdNow.
- Setelah email sukses diverifikasi, Anda bisa login ke akun Dashboard AdNow dan mulai memasang iklan. Mudah dan cepat, bukan?
Cara Pasang AdNow di WordPress
Pertama, klik tombol Tambah situs yang berada di kanan atas dashboard AdNow Anda.
Anda akan dibawa ke halaman baru yang berisi form. Isi saja form tersebut sesuai dengan website yang ingin Anda tambahkan. Oh ya, trafik di form ini maksudnya jumlah rata-rata pengunjung per bulannya.
Setelah mengklik Tambah, Anda akan dihadapkan pada peringatan mengenai kecurangan. Baca baik-baik peringatan tersebut agar Anda tidak terkena penalti. Jika sudah, jangan lupa centang Sepakat dengan penalti jika melanggar aturan, lalu klik OK.
Terakhir, tunggu saja selama maksimal 24 jam kerja untuk website Anda ditinjau oleh pihak AdNow. Jika lolos, Anda akan dikirim email pemberitahuan. Nah, setelah itu baru Anda bisa memasang iklan di website. Bagaimana caranya?
Ada dua cara memasang iklan AdNow di website Anda. Cara pertama adalah tanpa menggunakan plugin dan cara kedua dengan menggunakan plugin WordPress. Kami akan membahas kedua cara tersebut di bawah ini.
1. Cara Pasang AdNow Tanpa Plugin
- Dari dashboard akun AdNow Anda, klik nama situs yang sudah dimasukkan tadi.
- Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman baru. Anda bisa mengklik tombol merah Tambah widget atau klik link di untuk menambahkan widget. Keduanya akan membawa Anda ke pengaturan widget.
- Pilih tipe widget Native Ads, lalu klik Tambah widget. Oh ya, jika Anda menggunakan AdBlock, matikan terlebih dahulu sebelum mengklik tambah widget agar preview iklan bisa ditampilkan di halaman selanjutnya.
- Anda akan dibawa ke halaman pengaturan iklan di sisi kiri, serta live preview-nya di sebelah kanan. Apabila tidak suka dengan iklan yang sekarang, Anda bisa menggantinya dengan mengklik Show more options.
- Seperti yang sudah kami singgung di atas, Anda bisa meng kustomisasi widget iklan di AdNow sesuka hati. Dan hebatnya, pengaturan yang Anda lakukan akan langsung diterapkan pada preview. Dengan begini Anda bisa langsung tahu bagaimana tampilan iklan nantinya di website.Pengaturan pertama adalah Widget type. Di sini, Anda bisa mengatur apakah iklan hanya ditampilkan di PC/mobile atau keduanya.
- Pada Widget settings, Anda bisa memberikan nama kepada widget serta mengatur level iklan yang akan ditampilkan. Anda bisa mengatur level iklan melalui slider yang sudah disediakan. Semakin tinggi level iklan (ke kanan) semakin besar pula pendapatan Anda.
- Anda juga bisa mengatur jumlah iklan yang akan ditampilkan di website pada Number of creative elements in the widget. Jika Anda hanya ingin satu iklan saja yang ditampilkan pilih Single teaser pada drop down menu.Namun, jika Anda ingin banyak iklan ditampilkan sekaligus, pilih Grid of several teasers pada drop down menu. Lalu, atur jumlahnya pada kolom tepat di bawahnya. Kolom atas adalah untuk jumlah iklan secara mendatar, sedangkan kolom bawah secara menurun.
- Pengaturan selanjutnya adalah Teaser text. Seperti namanya, Anda bisa mengatur tampilan teks iklan pada widget. Mulai dari font yang digunakan, ukuran tulisan, hingga perataan teks (alignment).
- Pada Teaser background Anda bisa mengatur warna background. Baik warna background statis ataupun saat pengunjung mengarahkan mouse ke iklan tersebut.
- Di pengaturan terakhir yakni images, Anda bisa mengatur beberapa hal mengenai gambar iklan. Anda bisa mengubah dimensi gambar, hingga menambahkan frame pada gambar iklan.
- Setelah Anda selesai mengatur semuanya, jangan lupa klik tombol Save berwarna biru yang ada di bagian paling bawah. Lalu, ubah Preview menjadi HTML Code.
- Nah, di sini Anda akan diberikan dua kode HTML yang semua harus dimasukkan ke konten di website. Caranya adalah dengan menambahkan blok baru Custom HTML pada halaman post editor. Lalu, masukkan kedua kode tersebut di bagian akhir artikel/konten yang diinginkan. Selesai, AdNow sudah terpasang di website Anda!
2. Cara Pasang AdNow dengan Plugin WordPress
Sebenarnya, AdNow sudah memiliki plugin resminya sendiri bernama AdNow Plugin. Tapi sayangnya, plugin tersebut tidak pernah diperbarui sejak dua tahun yang lalu. Alasan tidak diperbaruinya plugin ini kemungkinan karena AdNow sudah bisa dipasang tanpa plugin seperti cara nomor satu di atas.
Namun, jika Anda tetap ingin memasang AdNow dengan plugin, bisa menggunakan plugin bernama ADSforWP. Plugin ini juga memberikan Anda pilihan kustomisasi yang tak kalah banyaknya dengan memasang melalui widget. Berikut langkah-langkah memasang AdNow dengan plugin WordPress:
- Setelah berhasil di install dan diaktifkan, akan muncul menu baru di dashboard, yakni Ads. Klik saja menu Ads lalu pilih Add New Ad. Pada Ad Type pastikan Anda memilih AdNow.
- Langkah ketiga, jangan lupa masukkan ID AdNow Anda. ID AdNow ini didapatkan dari akun AdNow Anda. Setelah semua terisi dengan benar, lalu klik Publish.
Cara Mengatur Posisi Iklan AdNow di WordPress
Di menu Ads, Anda juga akan menemukan dua pengaturan lainnya tepat di bawah Ad Type, yakni Display dan Advanced Display Conditions. Kami akan jelaskan masing-masing pengertiannya di bawah ini:
Display
- Display Type
- Position
- Alignment
Opsi ini berguna untuk mengatur perataan teks/alignment dari iklan AdNow Anda. Apakah berada di kiri, tengah ataupun kanan.
- Margin
Opsi ini untuk mengatur garis tepi/margin dari iklan Anda.
- Embed Shortcode
Salin kode yang ditampilkan di sini dan masukkan ke halaman manapun Anda ingin memasang iklannya. Jika belum tahu cara memasukkan shortcode, Anda bisa membaca caranya di artikel ini.
Advanced Display Conditions
Opsi ini berguna untuk mengatur kondisi postingan atau halaman tertentu di mana Anda ingin menampilkan iklan AdNow.
Kesimpulan
Dengan semakin sulitnya mendapatkan persetujuan pengajuan dari AdSense, AdNow ini bisa Anda jadikan alternatif sumber pemasukkan di blog Anda. Apalagi ditambah dengan proses pendaftaran dan pemasangan yang cenderung mudah dan tak terbelit-belit, AdNow bisa menjadi opsi yang pantas untuk dilirik.
Oh ya, semakin banyak trafik ke website Anda, semakin banyak pula uang yang dihasilkan dari AdNow, lho. Nah, salah satu cara terbaik untuk menarik trafik itu adalah dengan mengoptimasi SEO website Anda. Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti panduannya di ebook gratis di bawah ini:
Kami harap artikel ini bisa membantu Anda mengetahui lebih jauh mengenai AdNow dan membuat Anda tertarik untuk mencoba mendapatkan uang dari AdNow. Apabila ada pertanyaan, silahkan ditambahkan di kolom komentar, ya.
Jangan lupa juga untuk klik tombol subscribe di bawah untuk mendapatkan artikel mengenai teknologi, bisnis, dan digital marketing terbaru dan terlengkap. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
0 Comments